+62823 3892 1233
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PADEMAWU TIMUR

Launching Gubuk Literasi Desa


Launching Gubuk Literasi Desa

Pelaksanaan Kegiatan Launching Gubuk Literasi Desa oleh Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Institute Agama Islam Negeri Madura (IAIN Madura), Kamis (10/06) Pentingnya literasi untuk anak desa terutama mereka baru saja dihadapi dengan belajar mengajar secara daring dimana fokus mereka teralihkan oleh gawai atau smartphone. Maka dari itu, perlunya wadah berupa gubuk literasi desa agar mereka yaitu anak-anak desa Pademawu Timur menjadi anak yang melek akan literasi.

 

Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Institute Agama Islam Negeri Madura mengadakan kegiatan Launching Gubuk Literasi sekaligus memberikan sosialisasi mengenai kegiatan tersebut di balai desa Pademawu Timur. Dimana dihadiri oleh beberapa perangkat desa, wali kelas SDN Pademawu Timur IV dan juga perwakilan siswa dari tiap kelas yaitu kelas 4, 5, dan 6. Dimana gubuk literasi desa ini merupakan program kerja yang mempunyai tujuan dalam pemberdayaan masyarakat.

 

Kegiatan gubuk literasi desa ini berfokus pada literasi membaca dan menulis. Dimana pada literasi membaca Mahasiswa KPM IAIN Madura memanfaatkan fasilitas yang ada didesa yaitu perpustakaan desa. Mereka mengajak semua  anak desa baik ditingkat SD, SMP, dan SMA untuk membaca buku bersama di perpustakaan desa. Untuk literasi menulis Mahasiswa KPM IAIN Madura berfokus dalam penulisan profil desa Pademawu Timur baik yang berkaitan dengan sejarah, kebudayaan dan ciri khas dari setiap dusun yang ada di desa Pademawu Timur. Kegiatan literasi menulis juga melibatkan anak-anak desa baik dijenjang SD, SMP dan SMA untuk menulis narasi yang bertema “bangga menjadi anak desa Pademawu Timur” yang akan dicantumkan dalam buku profil desa tersebut. Kepala desa Pademawu Timur juga menyampaikan “jangan hanya wacana atau rancangan saja tapi saya juga perlu aksi kalian”. Dimana kegitan ini harus produktif dalam kegiatannya dan dapat memberikan manfaat terutama sesuai dengan tujuannya yaitu pemberdayaan masyarakat.

 

Penulis : Desita Tri Wulandari
Editor : Wildan Romadhoni S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *