+62823 3892 1233
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PADEMAWU TIMUR

Pengolahan Sampah Organik Menjadi Kompos Menggunakan Media Biopori (Lubang Resapan) Di Desa Pademawu Timur


Pengolahan Sampah Organik Menjadi Kompos Menggunakan Media Biopori (Lubang Resapan) Di Desa Pademawu Timur

Pengolahan sampah organik yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Trunojoyo Madura (LPPM UTM) di Balai Desa Pademawu Timur Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan, Jum’at (04/06) merupakan pengolahan sampah organik menjadi kompos secara alami menggunakan media biopori. Biopori sendiri adalah  lubang silindris yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah sebagai metode resapan air yang ditujukan untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Peningkatan daya resap air pada tanah dilakukan dengan membuat lubang pada tanah dan menimbunnya dengan sampah organik untuk menghasilkan kompos. Sampah organik yang ditimbunkan pada lubang ini kemudian dapat menghidupi fauna tanah, yang seterusnya mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah. Teknologi sederhana ini kemudian disebut dengan nama biopori.

 

Acara yang dihadiri langsung oleh Kepala Desa Pademawu Timur beserta jajarannya, terbagi menjadi dua tahap. Yang pertama yaitu sosialisasi mengenai pengertian, fungsi dan cara membuat biopori. Sosialisasi ini penting dilakukan guna diteruskan ke setiap warga di Desa Pademawu Timur, agar setiap halaman rumah warga diberi biopori.

 

Tahap yang kedua yaitu terjun ke lapangan untuk memasang media biopori di tempat yang biasanya tergenang oleh air saat musim hujan. Dalam acara ini pastinya tetap menggunakan protokol kesehatan demi menghindari penularan Covid-19. Dengan adanya biopori ini, diharapkan sampah yang ada di Desa Pademawu Timur terutama sampah organik akan berkurang dan genangan air yang muncul saat musim hujan juga berkurang.

 

 

Penulis : Sholehan Nur Hamdani
Editor : Wildan Romadhoni S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *