+62823 3892 1233
SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA PADEMAWU TIMUR

PEMDES PADEMAWU TIMUR MENDAPATKAN KUNJUNGAN DARI DESA-DESA KEC. GALIS KAB. PAMEKASAN


PEMDES PADEMAWU TIMUR MENDAPATKAN KUNJUNGAN DARI DESA-DESA KEC. GALIS KAB. PAMEKASAN

Pemerintah Desa Pademawu Timur menerima kunjungan dari 3 Desa Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, Jum’at 04 Januari 2022. 3 Desa tersebut diantaranya Desa Lembung, Desa Ponteh, dan Desa Pagandingan. Kepala Desa Pademawu Timur beserta perangkat desa, petugas Perpustakaan Desa Bunga Bangsa Pademawu Timur serta anggota Bumdes Pamur Sukma Desa Pademawu Timur menerima secara langsung kedatangan rombongan tersebut di Pendopo Balai Desa Pademawu Timur.

 

Rombongan studi banding ini terdiri dari Bapak Camat Galis, unsur Kepala Desa, Sekertaris Desa, dan Perangkat Desa se Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan, unsur Bumdes, dan unsur Kecamatan yang seluruhnya berjumlah 20 orang. Tujuan studi banding ini seperti disampaikan oleh Bapak Camat Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan adalah dalam rangka bersilaturahmi sekaligus ingin mendapatkan tambahan ilmu serta pengalaman dari Desa Pademawu Timur karena dianggap salah satu desa yang sudah bisa menjalankan program-program inovasi desa. Lebih khusus lagi karena Desa Pademawu Timur telah menjadi Desa Mandiri dan Desa Berdaya pada tahun 2021 kemarin.

 

Kepala Desa Pademawu Timur, Juma’ati Elis Susanti, S.H menyampaikan terima kasih yang kepada Pemerintah Kec Galis karena telah sudi berkunjung dan bersilaturahmi ke Desa Pademawu Timur. Beliau sangat berharap agar apa yang menjadi niatan dalam kegiatan studi banding ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama perangkat desa. Beliau kemudian melanjutkan dengan memaparkan tentang sejarah, profil serta capaian Desa Pademawu Timur secara singkat.

 

Kemudian lebih lanjut beliau menjelaskan bagaimana sistem kerja di kantor Desa Pademawu Timur dari proses kegiatan inovasi desa, bagaimana kerjasama antar perangkat desa, pelayanan kepada masyarakat, kerjasama dengan BPD, Bumdes dan sebagainya. “Kerjasama antara semua unsur yang ada di desa merupakan faktor penentu agar desa bisa maju dan mau bekerja keras dalam melaksanakan tupoksi masing-masing pada seluruh aspek di desa. Selain itu kerjasama yang baik dengan pihak pemerintahpun harus terus dijaga agar terciptanya desa yang lebih mandiri menuju kesuksesan desa.” Ucap Kepala Desa Pademawu Timur.

 

Selanjutnya penyampaian pengantar disampaikan oleh ketua rombongan studi banding dari Kec Galis, dalam hal ini Camat Galis. “Kami sangat bangga karena sudah diterima dengan baik oleh Pemerintah Desa Pademawu Timur dalam rangka berbagi ilmu dan pengalaman. Dan tujuan kedatangan kami ke Desa Pademawu Timur ini adalah bersilaturahmi dan agar mendapatkan ilmu dalam hal pengelolaan Dana Desa, pengelolaan Bumdes, pengelolaan Perpustakaan Desa Bunga Bangsa, pengeloaan dana Desa Berdaya, serta pengelolaan Desa Mandiri,” jelas Camat Galis Khairur Rahman, S.IP. Beliau berharap agar apa yang didapatkan di Desa Pademawu Timur ini bisa diaplikasikan nantinya di desa-desa Kec Galis Kab Pamekasan.

 

Acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab/diskusi yang dipandu langsung oleh PD Kecamatan Faridi, M.Pd. Sebagian besar para peserta studi banding ini ingin mengetahui bagaimana pengelolaan Dana Desa yang telah dilaksanakan di Desa Pademawu Timur serta bagaimana hubungan pemerintah desa dengan pemerintah Kecamatan dan Dinas terkait lainnya dalam hal perencanaan, pengelolaan, pelaksanaan, pengawasan, sampai pada penyusunan laporan pertanggungjawaban. Kepala Desa Pademawu Timur secara gamblang dan jelas membagikan pengalamannya dalam melaksanakan semua kegiatan tersebut di desa sehingga para peserta merasa sangat puas dengan hasil diskusi ini dan mereka berharap agar dapat menerapkan apa yang didapat di Desa Pademawu Timur ini untuk diterapkan di seluruh desa yang ada di Kecamatan Galis.

 

 

 

 

 

 

 

  

 

Penulis : Nur Imamah Indriyani
Editor : Wildan Romadhoni S

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *